Memilih template memang penting, tapi?


Bagi para blogger yang sedang bingung mau pilih template atau cari template yang bagus, pas banget nih, karena ane mau share sedikit opini ane seputar pemilihan template, Khususnya Blogger.

1. Kenapa ane tulis ini?
Ya untuk share aja sedikit tentang beberapa opini dan pengalaman ane seputar templating dan serba utak atiknya. Karena khususnya untuk tema pada blogger memang bisa dibilang simple tapi juga ribet, kenapa ribet? ya karena untuk pengaturan template pada blogger (umumnya yang gratisan / free) semuanya harus dilakukan manual dengan mengedit html dan kita tak cukup ngerti soal edit edit gituan, dan blogger menggunakan scriptnya xHtml dimana semua script harus benar benar rapi dalam 1 file template dan juga menurutku kurang banyak dokumentasi seputar pengeditan script tersebut, paling ujung - ujungnya pun copas sana sini untuk menambah atau mengurangi fitur yang ada (syukur kalo sumbernya sekalian ngasih penjelasan soal script tersebut :D). Cukup berbeda dengan WordPress (yang self hosting bukan yang .com) dimana template tersebut menyediakan banyak pilihan kostumisasi yang cukup banyak dan tanpa perlu mengubah script pada template tersebut. Dan untuk fitur, kita bisa menginstall plugin yang banyak tersedia.



2. Template yang bagus yang seperti apa sih?
Nah untuk poin ke dua kita bisa sedikit lebih spesifikasikan lagi.
yang Pertama: Responsive design.
Saat ini memang sudah jamannya bro, dimana bisa dikatakan pengguna internet dan pengunjung blog bukan cuma lewat PC seperti dulu sebelum Smartphone jadi rame, karena sekarang memang sebagian besar orang ber-internet juga lewat smartphone. Jadi dengan kita menerapkan tema yang responsive, blog kita akan mudah dibaca di berbagai perangkat dengan resolusi layar yang berbeda dari hp jadul, smartphone, tablet, sampai pc.

Lalu cukupkah dengan responsive saja? untuk tambahan saja, selain responsive, template juga harus user friendly atau mudahnya yang nyaman dan mudah bagi pengguna.
Untuk maksud dari nyaman yaitu pemilihan komposisi warna dan tulisan nyaman dilihat dan mudah yaitu menu bisa mudah dioperasikan sehingga pengguna bisa mudah bernavigasi di blog kita.

Sudah cukupkah dengan poin tersebut? Sebenarnya sudah cukup sih dengan beberapa poin tersebut karena kita sebagai blogger yang terpenting adalah kualitas konten kita, sehingga eksistensi blog kita bagus dan bisa bersaing.



Lalu saya kembalikan pada judul kali ini Memilih template itu penting tapi?
Tapi Jangan terlalu terfokus dan berlama lama soal urusan template, karena kita akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mencoba, mengedit, menilai (sendiri) dan hasilnya kadang masih belum sreg di hati, dan jika belum juga pas biasanya ganti lagi, edit lagi dan seterusnya, terlebih lagi blogger itu online tidak seperti WordPress self hosting yang bisa kita edit sesuka hati secara offline di localhost. Jadi jangan habiskan waktumu dan quotamu untuk urusan template, jika ingin yang bagus dan mudah pengeditannya saran saya belilah template yang premium karena yang premium pasti ada banyak hal yang lebih dari pada yang gratisan atau pesan template seperti yang kita inginkan, namun jika belum mampu membeli pakai saja yang gratisan, lagipula template gratisan pun sekarang sudah cukup baik dan keren keren tampilannya dan juga sebagian developer juga menyertakan beberapa dokumentasi seputar template mereka terutama script script khusus pada template tersebut.

Baca Juga:
Situs untuk tes kecepatan blog / web
Menampilkan artikel dari label tertentu


Dan sekian dari postingan kali ini unek unak saya soal template, maaf jika tulisannya amburadul entah kemana, dan tetap saya ucapkan terimakasih sudah mampir dan membaca postingan kali ini, kalo mau baca postingan yang lain yaaa...

Post a Comment

2 Comments

  1. Kalau ane ambil gampangnya aja beli yang premium yang ada supportnya, jadi kita bisa tanya2 sepuasnya deh tanpa sungkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalo itu juga bisa jadi pilihan tepat bro, emang sih mau gimanapun kalo template udah premium ya tetep beda lah ama yang gratisan..

      Delete