Tips Mengirit Baterai Android


ngirit baterai

Sistem Android memang terkenal kerjanya yang aktif, maka tak salah jika memakan banyak daya dari baterai.

Berikut saya akan membahas beberapa hal yang mungkin dapat membuat baterai cepat habis.

1. Konektifitas.

a. Koneksi Internet.
Koneksi internet pada android memang seakan menjadi nyawa setelah baterai, karena saat ini memang sangat erat kaitanya antara smartphone dan data maka dari itu penggunaan data yang non-stop akan cukup menyerap daya , apalagi jika menggunakan mode jaringan 3G/4G. Ada baiknya jika mengunakan jaringan GSM/2G saja untuk mode Standby jikala sekiranya tidak ada hal penting atau sedang sibuk melakukan kegiatan lain.
b. GPS. 
Ada baiknya mematikan GPS Jika memang diperlukan agar menghemat daya.

c. Bluetooth.
Terkadang kita memang perlu untuk menggunakan fasilitas ini untuk berbagi file dengan teman, namun jangan lupa untuk mematikan setelah penggunaan selesai.

d. WiFi.
Seperti halnya bluetooth, jika kita habis menggunakan wifi atau wifian pada suatu tempat, jangan lupa matikan wifi agar perangkat tidak terus menerus mengkonsumsi daya baterai untuk scanning hotspot terus.

e. Air Plane Mode
Jika kita berada pada area yang jaringan mobile nya lemah, atau bahkan tak ada maka ada baiknya kita mengaktifkan fitur ini saja, karena saat jaringan sangat lemah perangkat akan bekerja terus menerus mencari sinyal yang mana akan memakan daya baterai yang banyak.

2. Layar.

Layar merupakan bagian sistem input/output atau sumber aktifitas yang paling utama dalam perangkat smartphone masa kini, Maka tak ayal jika konsumsi terbesar terletak pada layar, diantaranya:

a. Kecerahan.
Kecerahan yang tinggi, memakan daya tinggi pula, maka gunakan kecerahan secukupnya.

b. Animasi.
Transisi & animasi pada layar memang menambah sensasi visual yang bagus untuk tampilan gadget kita, namun menggunakan animasi juga memakan daya pula.

c. Live Wallpaper
Live wallpaper atau Wallpaler Animasi memang menambah keindahan pada tampilan Beranda atau Homescreen. Namun Live wallpaper terkadang juga memakan banyak RAM, maka ada baiknya tidak digunakan.

d. Widget
Menambah widget memang selain menambah keindahan tapi juga memberikan beberapa kemudahan dalam melakukan aktivitas. Fungsi tambahan pada home screen ini juga bisa bikin boros, boros baterai juga ram (jika terlalu banyak dipasang), jadi gunakan widget secukupnya saja.

3. Rotasi Otomatis 

pada fungsi ini juga memungkinkan ponsel mengaktifkan sensor rotasi pada perangkat yang juga memakan daya tambahan.

4. Auto Sync 

Sinkronisasi otomatis memang diperlukan untuk membuat beberapa aplikasi terkait akan selalu update dengan data aktifitas di internet dan juga akan membuat traffic data yang aktif pada background, ada baiknya di disable & lakukan sinkronisasi manual.

5. Getaran

Fungsi getar atau Vibration memang perlu untuk mendukung fungsi lainya, namun ada baiknya mengurangi beberapa untuk menghemat daya, diantaranya:

a. Pada Ringtone
Jika menerapkan ringtone yang cukup keras maka fungsi getaran mungkin ada baiknya dimatikan.

b. Pada Keyboard
Memberikan getaran saat mengetik memang memberikan kesan lebih mantap saat kita menekan tombol tombol virtual pada layar, namun saat ini keyboard juga sudah menampilkan pop-up pada tombol yang kita tekan, jadi kita cukup percaya pada tombol yang kita tekan meski tanpa getaran.

c. Pada Navigasi
Getaran pada navigasi memang rasanya perlu dirasakan terutama jika perangkat kita menerapkan navigasi bukan tombol fisik yang keras yaitu jenis capasitif pada bawah layar atau navbar pada layar yang mana terkadang rasanya kurang mantap saat menekan dan kadang juga untuk memastikan respon perangkat terhadap sentuhan pada navigasi dengan menggunakan getaran. Namun mengingat fungsinya yang terbilang penting, maka jika getaran diaktifkan otomatis sensor getaran akan selalu bekerja seiring seringnya kita menggunakan perangkat.

Dan akhir kata, pada intinya semakin banyak penggunaan gadget maka akan semakin cepat juga daya terpakai. Maka gunakan perangkat seperlunya saja ya..

Post a Comment

0 Comments