Cara membuat link ke 2 Label

Bagi sebuah blog link adalah faktor penting. Karena kita bisa mengarahkan satu halaman ke halaman lain dengan link.




Mengarah ke arah pencarian data, pada blog sudah disediakan fasilitas label / tag, kita bisa mengelompokkan suatu postingan dengan tag tertentu dan juga dapat digunakan untuk memfilter hasil pencarian artikel di blog kita. Untuk penulisan link sederhana kita bisa menuliskan kode berikut:

http://om-gazz.blogspot.com/search/label/namalabel

namun cara diatas hanya akan menampilkan satu kategori saja,
untuk mempersempit hasil pencarian, kita bisa menggunakan 2 label sekaligus, karena hasilnya akan mengarah ke hasil pencarian yang lebih berfokus, misalnya saja akan mencari artikel di blog kita dengan label "game" dan "offline" maka kita bisa membuat link dengan alamat:

http://om-gazz.blogspot.com/search/?q=label:game+label:offline
maka dengan trik tersebut, hasil pencarian akan lebih terfokuskan pada artikel yang memiliki kategori / label tersebut daripada menggunakan satu label karena jika satu label akan menampilkan hasil pencarian yang lebih luas daripada 2 label.

Namun untuk membuat link untuk lebih dari 2 label juga bisa, hanya menambahkan "+label:namalabel" maka struktur link jadi akan seperti ini:

http://om-gazz.blogspot.com/search/?q=label:game+label:offline+label:tutorial dan seterusnya

Namun semua kembali pada kebutuhan kita kok, menggunakan 1 atau 2 label bisa disesuaikan dengan keperluan, Terimakasih :)

Post a Comment

18 Comments

  1. ini wajib ada, karena biar terlihat bagus blognya,

    ReplyDelete
  2. akhirnya nemu jg😁😁😁. ada di di paling atas serp google dan satu-satunya gan... ntap lah blognya

    ReplyDelete
  3. work gan, hehehe, mkasih ya... meskipun ada kode yg gak saya ngerti, kode "q=" itu artinya apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh klo itu adalah salah satu metode query pencarian dengan menggunakan metode get, untuk lengkapnya bisa browsing metode get.. terimakasih udah mampir

      Delete
  4. Gan misal di menu bar ane tulis SMA/SMK, lalu ada artikel yg ber label SMA dan SMK, lalu gimana supaya saat di klik menu SMA/SMK semua artikel yg mengandung SMA atau SMK bisa ikut nampil semua.

    mohon penceraha nya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks dah mampir gan, untuk kasus agan saya coba bantu sebisa saya ya..
      untuk yang saya tangkap dari data yang agan berikan adalah:
      1. Tiap artikel sudah ber label SMA & SMK, bisa pakai cara pencarian multi label, caranya seperti pada artikel diatas, cukup ubah link pada menu jadi: blogagan.blogspot.com/search/?q=label:SMA+label:SMK maka tiap artikel yg berlabel SMA dan atau SMK akan tertampil pada hasil pencarian.
      2. Tanpa label (pencarian "kata / Keyword") yaitu menggunakan pencarian artikel berdasar kata dalam postingan / keyword. Caranya dengan mengatur link agan sbb blogagan.blogspot.com/search?q=SMA+SMK maka tiap postingan yang mengandung kata SMA / SMK akan tampil pada hasil pencarian. Silakam dicoba semoga membantu, maaf panjang gan

      Delete
  5. Wah ini nih yg ane cari...lumayan bisa bkin menu navigasi yang lebih proffesional wkkwkwk

    ReplyDelete
  6. Wah ini nih yg ane cari...lumayan bisa bkin menu navigasi yang lebih proffesional wkkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, semoga membantu, memang dengan metode seperti ini diharapkan pemfilteran hasil pencarian bisa lebih spesifik.

      Delete
  7. Haiii….. Terimakasih atas informasinya yang sangat membantu dan bermanfaat. Seiring perkembangan zaman yang serba menggunakan teknologi canggih ini, informasi apapun dapat dengan mudah didapatkan di internet. Cara menambahkan link untuk 2 label ini pun tersedia banyak referensinya bahkan disertai dengan gambar step langkahnya juga. Jangan lupa kunjungi laman web kampus kami tercinta walisongo.ac.id

    ReplyDelete