Lebih bagus mana, Fingerprint di depan, samping, atau belakang?

Fingerprint sensor saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan atau keharusan yang ada pada perangkat smartphone, dikarenakan simplisitas dan fungsionalitas dari sensor ini menjadikan keharusan bagi sebagian orang untuk memilih perangkat yang sudah menerapkan fitur ini.

sumber: pixabay

Selain faktor adanya sensor fingerprint ini, ada satu hal lain yang terkadang menjadi pertimbangan yang lain, yaitu posisi sensor fingerprint ini.

Saat ini setidaknya ada 3 pilihan posisi fingerprint yang tersedia yaitu posisi sensor di belakang, samping dan depan. Lalu apakah ada keunggulan dan kekurangan dari tiap pilihan tersebut?


1. Back mounted

Zenfone 6

Penempatan sensor fingerprint di belakang body ponsel merupakan salah satu posisi sensor fingerprint yang paling banyak digunakan oleh berbagai tipe ponsel, nyaman saat dijangkau oleh jari telunjuk kita. Namun kekurangan dari posisi ini adalah saat ponsel sedang dalam posisi standby dan diletakan di meja dengan posisi layar menghadap ke atas akan agak sulit dikarenakan kita perlu mengangkat ponsel kita terlebih dahulu untuk menjangkau fingerprint sensornya, namun untuk pilihan perangkat sangat banyak yang bisa kita pilih dari harga terendah sampai cukup tinggi.

Untuk melihat daftar ponsel yang menerapkan fingerprint ini


2. Side Mounted

fp Xperia L4

Salah satu posisi yang masih agak jarang digunakan, biasanya posisi fingerprint ini diterapkan pada kebanyakan model dari seri Xperia, namun belakangan ini saya ligat untuk beberapa seri dari Infinix sudah menerapkan teknologi ini pada beberapa tipe dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk penempatan posisi sensor disamping saya rasa cukup nyaman dan mudah dijangkau baik dengan jempol atau telunjuk kita baik dalam posisi digenggam maupun standby saat diletakan di meja. Untuk pilihan perangkat saya rasa kekurangannya masih agak jarang ditemukan ponsel yang menerapkan model fingerprint sensor ini di rentang harga baru dibawah 2 jutaan.

Untuk melihat daftar ponsel yang menerapkan fingerprint ini


3. Front Mounted

3a Physical Scanner

fp pada iPhone 8


Selain posisi sensor di belakang dan di samping, ada pula penempatan sensor fingerprint di depan, umumnya terletak di bagian depan bawah dan beberapa model menggabungkan dengan fungsi home button. Untuk model ini dulu banyak diterapkan namun untuk saat ini sepertinya sudah sulit ditemukan pada model rilisan baru, dikarenakan saat ini mayoritas sudah menerapkan model fullview jadi sudah tak ada lagi ruang untuk menerapkan sensor fisik ini di depan. Namun jika masih ingin menggunakan model ini bisa di cari di ponsel rilisan agak lama mungkin sekitar rilisan 2018, serta terkait dengan kenyamanan penggunaan sensor ini saya rasa cukup mudah dijangkau karena posisi sensor ini mudah dijangkau baik saat digenggam ataupun saat kita letakan ponsel kita.

Untuk melihat daftar ponsel yang menerapkan fingerprint ini





3b. on-Screen Scanner
fp pada Huawei nova 7 5G

Masih sama sama menggunakan posisi sensor di depan, saat ini sudah ada vendor yang mengeluarkan inovasi baru yaitu penempatan sensor fingerprint di layar. Jadi sudah tidak lagi menggunakan sensor di body depan ponsel dan bertepatan juga dengan tren saat ini yang menerapkan fullview display, model fingerprint ini pun jadi terasa serasi dan 'keren' aja gitu. Lalu bagaimana soal kenyamanan penggunaan? Saat ini sudah ada beberapa vendor yang menrilis model ini dan tentunya sudah dilakukan pengujian, jadi untuk opsi ini umumnya berbeda dalam segi kecepatan pemindaian dan sudah bisa dibilang cepat dalam proses scanning fingerprint kita. Namun untuk mendapatkan perangkat yang sudah menerapkan teknologi ini tentu saja diperlukan dana yang nggak sedikit dari pandangan saya.

Untuk melihat daftar ponsel yang menerapkan fingerprint ini
 

Itulah tadi beberapa pembahasan mengenai posisi sensor fingerprint yang ada saat ini, jika ada masukan dan ada yang ingin disampaikan silakan komentar ya.. btw mana nih yang jadi favoritmu?

Post a Comment

0 Comments