Pentingnya memberi Credit

credit.sumber : xda
Credit. Sumber: XDA

Untuk mengisi waktu luang saya, kali ini  saya akan membagi opini saya  mengenai Pentingnya Credit, karena masih agak banyak orang yang cuman main comot hasil orang tanpa memberi / mencantumkan credit pada hasil projeknya.

Untuk teman teman semua, terutama yang sering nongkrong di forum forum di internet dan biasanya ini berhubungan dengan suatu projek tertentu misalnya saja pemrograman aplikasi, pemrograman web,  pemrograman game, pengembangan sistem program, asset grafik / audio dan banyak bidang lainnya yang biasanya bersifat open / gratisan.

Tak jarang kita menemukan sebagian kecil ataupun besar projek milik kita mengalami kesulitan / problem / bug, jadi solusinya kita harus menggunakan beberapa elemen milik kita dengan milik agan agan di forum forum tersebut. Atau bisa saja kita yang menjadi penyumbang ide untuk membuat asset tertentu untuk digunakan orang lain diluar sana.

Karena bagaimanapun suatu projek bagi kita ( anggap saja programmer) yang  mengerjakan projek secara indie ataupun team. Jelas kita tak bisa menyelesaikan projek dengan memakai semua elemen / asset dengan bikinan kita. Misalkan saja game dev, kita pasti perlu menambahkan asset musik dari si A, asset gambar dari B, dan addon / script lain dari C.

Jadi permasalahan disini apa?
dan yang kita persoalkan disini adalah pemikiran. Ya, karena suatu bentuk asset ( apapun itu ) pastinya dibuat dan diciptakan dengan pemikiran dan kerja keras yang serius, dan mereka juga tak meminta bayaran pada kita.
Mungkin mereka melakukan untuk sekedar iseng, mengisi waktu, ataupun untuk sebuah penyaluran hobi, saya rasa suatu bentuk kerja keras yang mana mereka lakukan untuk menghasilkan sebuah "Karya" yang bisa bermanfaat dan bisa membantu orang lain patut kita apresiasi, meskipun tak memberikan imbalan atas jasa dan kerja keras mereka, setidaknya kita bisa mempopulerkan nama mereka.

Wah udah panjang nih.... Kesimpulannya, memberikan credit itu penting, karena itu akan memberikan nama baik pada si pembuat, merupakan bentuk support pada si author tersebut walau bukan berupa uang. Hitung hitung sebagai rasa ucapan "terimakasih"kita atas kerja keras mereka yang telah membuat produk, asset, maupun karya lain yang bisa kita gunakan secara "GRATIS" dan juga kita diajarkan untuk bisa saling "Menghargai".

Post a Comment

0 Comments