Pentingnya navigasi blog

penunjuk arah
Navigasi jika diterjemahkan ke beberapa versi akan ada beragam arti. Namun untuk navigasi dalam kasus ini ( BLOGGING ) mempunyai pengaruh yang besar loh terhadap kelangsungan hidup dari sebuah blog. Kenapa demikian? Karena untuk dengan navigasi akan memberikan kemudahan jalan bagi para pengunjung yang tercinta untuk bisa bereksplorasi ke berbagai postingan di blog kita.



Lalu Navigasi yang seperti apa ?
Nah, Navigasi disini saya maksudkan adalah penunjuk / jalan / link untuk menuju postingan yang lain. Jadi bagi para pembaca yang mungkin berlangganan atau mampir bisa membuka artikel lain, dan tentunya akan meningkatkan Page View blog kita.

Mari kita bahas beberapa yang saya tahu..

1. Menu bar

sory, koneksi jelek -_-"
Elemen yang satu ini pasti udah nggak asing kan.. ini elemen paling umum yang bisa memberikan jalan pintas ke berbagai kategori postingan di blogmu.

adapula variasi menu bar dibuat "Fixed" jadinya akan terus nampak sehingga juga memudahkan pengunjung berkelana di bogmu. Ada beberapa variasi untuk menubar / navbar yaitu "fixed" dan "sticky", silakan browsing aja dulu.


2. Related Post / Artikel Terkait


Fitur yang satu ini juga penting, karena jujur saya sendiri juga senang memanfaatkan fitur ini untuk browsing saat mampir di blog orang.

3. Widget post popuar

Tak asing bagi blog untuk mempunyai fitur widget. Dan fasilitas ini memang mampu menarik pengunjung untuk mengunjungi postingan postingan yg tertera disana.

















4. Internal link

Entahlah namanya apa saya kurang paham, kalo ente tau kasih tau di comment ya.... ;)



 Yah, maksud saya disini adalah link yang disisipkan di dalam bagian postingan, ini cukup membantu jika artikelnya berkaitan dan terlebih lagi jika link sebagai penjelas, jadi pasti kalo pembaca bingung akan suatu istilah atau tertarik akan mengklik link tersebut.


5. Back to top

Inisebagai tambahan saja, karena kadang artikel yang kita tulis ternyata sangat panjang dan pembaca masih setia mengikuti sampai aakhir cerita (heebat :v) maka untuk kembali ke menu utama akan sedikit susah (ngga susah susah amat sih :D ) lalu dengan fitur ini pembaca akan bisa naik lagi ke menu utama untuk mengakses menu.





6. Slideshow

Untuk sebagian blog mungkin menerapkan tampilan sideshow di homepage mereka, selain memberikan kesan bagus, ternyata lumayan berguna loh.. Karena, tak mungkin juga kan semua konten bisa kita tamplkan sekaligus di home page kita, lalu slideshow ini biasanya menampilkan random post yang mungkin saja yang ditampilkan ini bisa menarik perhatian si pembaca.



Dan mungkin cukup ini dulu seputar navigasi blog, selebihnya bisa anda cari tahu dan kembangkan sendiri, karena ada banyak cara untuk menarik pengunjung. Tetap ingat untuk meningkatkan kualitas postingan ya sob.. Happy Blogging Guys.

Post a Comment

0 Comments