Tips mengatasi Layar Menguning



Salah satu hal yang menjadi persoalan dalam layar smartphone saat ini yaitu Layar Menguning atau ada yang menyebutnya Yellow Tint. Sebenarnya karena hal apa sih ini bisa  terjadi dan apakah bisa dinormalkan kembali warnanya?

Baiklah terkait ini saya akan bercerita sekilas tentang problem ini yang kebetulan saya juga mengalaminya.
Jadi ceritanya beberapa waktu lalu saya membeli hp murah ya, second istilahnya, guna untuk dijadikan hp standby atau untuk cek sms / telepon doang jadi karena ada yang lumayan dan karena stok lama ya jadi ane ambil aja.

Dan singkat cerita si hp pun sampai dan saya unboxing, hmm masih ok nih, mulus. Dan akhirnya kucoba mengoperasikan hp tersebut, namun problem muncul, yaitu layar yang kurasa agak aneh yaitu menguning, dan akhirnya mulailah cari cari tau tentang ini. Karena teman saya ada yang sebagai service hp sayapun menanyakan terkait issue tersebut, dan dari situ saya dapat info kalau itu memang karena faktor hardware yaitu layar yang sudah tua dan kemungkinan layar menguningpun terjadi, memang tidak semua sih tapi ada lah.

Dan setelah itu saya coba coba browsing deh terkait Yellow Tint, jadi selain karena faktor layar / lcd yang sudah tua, bisa jadi Yellow Tint itu sementara, yaitu karena temperatur hp yang meningkat sehingga mengakibatkan layar menguning dan akan normal kembali saat suhu sudah menurun.

Dan pada akhirnya karena saya coba coba iseng cari cari di pengaturan, saya menemukan sedikit pencerahan nih, yaitu dengan mengatur White Ballance / Tingkat Keputihan pada layar. Dan untuk yang saya lakukan yaitu mengatur pada slider Blue / Biru yang mana kita set sampai dirasa cukup putih warnanya atau sampai tak begitu terasa tingkat warna kuning pada layar.


Kira kira seperti gambar diatas ini untuk setelan yang saya lakukan, sorry ya gan untuk hasil perubahan warna pada tampilan layar saat difoto kurang jelas perbedaannya jadi saya ambil saja pengaturan white balance nya, mungkin bisa dicoba sendiri.

Post a Comment

0 Comments