Membuat galeri di postingan blog

Berhubung beberapa saat lalu saya mendapat sedikit kesibukan yaitu temen minta dibuatkan blog sederhana untuk keperluannya, dan dalam blog itu difokuskan tampilan galeri maka saya mulai mencoba beberapa cara yang tersedia.



Sempat juga temen saya aku tawarkan blog dengan base wordpress.com karena disana terdapat fungsi menambahkan galeri gambar dalam postingan, namun dikarenakan beberapa hal dia lebih prefer blogspot.

Setelah mencoba mencari berbagai referensi yang ada saya rasa masih cukup sulit untuk membuat tampilan galeri (grid) dalam postingan blogspot karena disamping fitur tersebut belum ada di blogspot, untuk membuat fitur tersebut juga cukup rumit karena perlu utak atik bagian kode html.

Namun setelah saya coba coba akhirnya saya menemukan tips sederhana membuat galeri di postingan blogspot, berikut caranya.

1. Sisipkan Gambar

Hal yang perlu kita siapkan pertama tentu gambar tersebut.

2. Hapus Pemformatan

Setelah kita menyisipkan gambar, kita klik gambar tersebut, lalu pilih opsi Hapus Pemformatan
Setelah pemformatan dihapus maka gambar akan menjorok ke kiri.



3. Resize Gambar

Setelah kita hapus pemformatan kita kecilkan gambar tersebut


4. Rapikan gambar

Jika setelah dilakukan Hapus pemformatan & Memperkacil ukuran gambar namun gambar tersebut belum sejajar maka kita harus merapikan dahulu.

Untuk merapikan gambar tersebut (menjadi sejajar / sebaris) saya menggunakan metode cut & paste.
Yang perlu kita lakukan adalah cut gumbar tersebut lalu paste pada sebelah gambar yang lain/
Sebelum dirapikan


Setelah dirapikan

Lakukan langkah tersebut hingga gambar menjadi beberapa row / baris (sesuai kebutuhan). Jangan lupa pula untuk menghapus spasi antar row gambar tersebut agar jarak antar baris gambar tidak terlalu renggang.
Contoh grid

5. Centerkan grid

Setelah galeri dirasa cukup kita rapikan kembali grid tersebut dengan men-center kan galeri tersebut.
Cukup select / pilih semua gambar lalu pilih Rata Tengah

Select semua gambar

Meratakan ke tengah (center)

Berikut contoh tampilan Galerinya:


== Nature Gallery ==



========END GALLERY=======


Berikut tadi tutorial menambahkan galeri gambar di postingan blogger / blogspot. Semoga dapat bermanfaat.

*Tips: tips untuk membuat galeri ini diharapkan dalam satu baris gambar memiliki dimensi PxL yang seragam agar tampilan grid galeri lebih rapi dan mudah diatur. 

Sekian

Post a Comment

0 Comments