Aplikasi penghemat baterai beneran bikin Hemat?

Low Battery
Halo sahabat blogger, udah tau kan aplikasi penghemat baterai atau Battery Saver yang sering kita temui di Play Store dan Iklan iklan lainnya.
Yah seperti yang diiklankan aplikasi tersebut mengklaim akan meningkatkan Waktu Standby yang lebih panjang. Bagaimana cara kerjanya? Mari kita cari tahu yuk.

1. Membunuh proses background
Biasanya aplikasi ini akan mendeteksi proses aplikasi yang berjalan di background atau membebaskan Memory Ram kita. Tapi sayangnya jika aplikasi yang dihentikan dari proses background adalah aplikasi yang sering di jalankan justru akan membebani sistem karena harus menggunakan daya lagi untuk tiap kali kita mengaktifkan aplikasi yang sudah dihentikan tadi.

2. Mematikan fungsi network
Penggunaan jaringan memang memakan daya cukup besar maka biasanya aplikasi ini akan mematikan beberapa fungsi seperti WiFi, Bluetooth, Jaringan Selular, atau bisa saja menurunkan Jaringan dari 3g ke 2g.

3. Menurunkan beberapa fungsi lain.
Selanjutnya aplikasi ini akan menurunkan beberapa fungsi yang memakan daya, seperti menurunkan tingkat kecerahan layar dan mematikan getaran ponsel.

Jadi Perlukah kita menginstal aplikasi penghemat baterai dan semacamnya ?
Menurut saya jawabanya ada 2.
yang pertama : jika aktifitas smartphonemu terbilang aktif ( harus selalu terkoneksi internet, sering digunakan untuk keperluan sosmed, dan aktifitas multimedia lainnya saya rasa aplikasi ini kurang membantu).

dan yang kedua: jika aktifitas smartphone anda terbilang kurang aktif untuk kegiatan social media, game, dan multimedia lainnya mungkin aplikasi ini bisa bermanfaat.

Jadi ada alternatif lain selain menggunakan aplikasi?
Jawabannya ada, karena semua bisa kita atur sendiri dari pengaturan (semua pilihan ada disitu, dari layar, konektifitas, suara ,getaran dan lain lain) dan pastinya menghemat ruang penyimpanan dan mengurangi penggunaan RAM karena  biasanya aplikasi semacam ini akan berjalan terus di background.

Post a Comment

0 Comments