Seputar System Update Android


Jika anda pengguna Android pasti tau dong tentang Update OS untuk perangkat anda, apakah sudah pada versi terbaru atau belum. Dan pasti akan ada pertanyaan yang terlintas di fikiran kita.. "kok update-an punya elu udah ada tapi kok punya gue belum? ". Memang sih untuk mendapatkan Update OS ke versi terbaru akan bergantung pada banyak faktor diantaranya

1. Hardware
Faktor ini adalah yang menjadi pertimbangan utama menurut saya, karena untuk mendapatkan Update OS membutuhkan spesifikasi yang memadai seperti Memori Internal, Ram, Cpu Speed, Resolusi layar, dan pasti ada banyak faktor lain yang dipertimbangkan oleh pihak vendor dari Smartphone itu sendiri.

2. Vendor
Pihak ini merupakan pihak yang mempunyai peranan untuk memporting os dari google tersebut untuk di porting ke berbagai ponsel produksi mereka.
Jadi jika suatu vendor telah merilis ponsel berbasis android dengan variasi / seri / tipe yang sangat banyak, ya tentu saja mereka akan merilis update untuk beberapa tipe ponsel saja yang sekiranya dari segi spesifikasi memenuhi syarat minimal untuk mendapatkan update os. "Jadi perangkat yang tidak mendapat update-an dari vendor tidak bisa menginstall update-an os versi lebih baru?" ini juga tidak sepenuhnya benar karena bisa saja pihak vendor merilis update untuk negara lain, karena saya sendiri juga mengalami dulu waktu akan melakukan upgrade tetapi rilisan untuk versi indonesia tidak ada akhirnya sayapun menginstall update-an untuk versi negara lain. Selain itu untuk sebagian pengguna yang terbiasa di bidang "opreking" istilah saya, biasanya akan menggunakan Custom ROM alias os versi modifikasi. Menggunakan Custom Rom memang memiliki beberapa keunggulan daripada Rom versi Offisial dari vendor karena biasanya waktu rilis Custom Rom lebih cepat keluarnya. Namun ada beberapa pertimbangan jika menggunakan Custom Rom atau Cusrom singkatannya antara lain,
- Stabilitas sistem.
Berhubung Cusrom adalah os versi garapan dari para developer diluar sana yang sifatnya free atau gratis (tidak dibayar untuk tiap firmware yang mereka rilis) ya wajar saja jika tetkadang tidak stabil, meski ada sih Cusrom yang stabil untuk digunakan namun juga untuk mendapatkan versi "stable" juga memerlukan waktu lebih karena para developer juga butuh waktu dan sumber daya untuk memperbaiki bug-bug yang ada.
- Support perangkat.
Biasanya perangkat yang Jadi uji coba para dev disana adalah Device yang sudah Branded atau sudah ada di Internasional, tapi untuk brand lokal juga bisa mendapatkan Cusrom akan tetapi biasanya harus melalui tahapan porting dahulu dan tentunya juga tidak mudah.

Jadi bisa saya simpulkan beberapa hal yang menjadi acuan untuk mendapatkan update-an os versi terbaru ada pada segi spesifikasi hh kita apakah akan kuat dan stabil jika berjalan pada os versi terbaru. Lalu pihak vendor juga berperan dalam merilis update untuk device buatan mereka karena terkadang mungkin karena banyaknya seri Smartphone yang telah mereka keluarkan akan memakan waktu lama untuk merilis update untuk tiap perangkat mereka, dan bahkan tidak jarang perangkat tidak mendapatkan update os versi terbaru. Tentu ini akan berbeda dengan Smartphone dengan platform lain semisal IPhone yang hanya memiliki sedikit versi atau varian saja yang tentunya juga akan memudahkan mereka untuk membuat update untuk perangkat mereka.
Terimakasih telah berkunjung, koment atau share ya...

Post a Comment

4 Comments