Mengubah warna font pada Google Sites

Google Sites sudah menerapkan tampilan versi baru dengan menerapkan sistem grid 12 kolom dengan berbagai fitur, salah satunya pengaturan font. Namun setelah beberapa kali mencoba mengatur font saya tak dapat menemukan opsi pewarnaan pada font, jadi hanya tersedia opsi formating sederhana seperti ukuran, perataan, jenis font, dan beberapa format teks standar.


Sudah beberapa kali mencoba mencari referensi terkait ini namun ada user yang menyarankan untuk menggunakan fitur embed html, yaitu membuat font berwarna via html formating.  Tentu ini kurang sesuai dengan kebutuhan, karena html embed pada Google Sites belum mendukung auto height atau ukuran tinggi elemen yang belum otomatis jadi akan mengakibatkan tampilan kurang bagus.


Sampai pada suatu ketika saya sedang menyalin suatu text dari web dan menempel pada text editor di google sites namun format pewarnaan masih tersimpan, maka dari itu saya coba experiment pada hal ini.

Berikut hasil percobaan saya:

1. Edit teks pada HTML Text editor, sesuaikan warna dari text yang ingin diubah.

Editor yang saya pakai: html5-editor.net

Tampilan edit text pada HTML 5 editor

Note*: Untuk editor lain saya belum mencoba, mungkin anda dapat mencoba edit dari MS Word ata Google Dosc.

2. Lalu Tempel text pada halaman editor tadi (sisi kanan ya, bukan kode html nya) ke kolom text pada Google Sites.

Tampilan setelah text tadi di-paste pada kolom text di google sites

3. Jika dirasa sudah sesuai, kita publish.

Tampilan Demo:

Open Sites


Demikian Tips trick Cara mengubah warna font pada Google Sites, Selamat mencoba

Post a Comment

0 Comments