Apakah VGA R7 240 Kuat menjalankan Genshin Impact?

Tidak dipungkiri saat ini mencari VGA atau Graphic Card untuk PC memang sedang sulit dikarenakan kelangkaan dan juga kenaikan harga yang cukup tinggi, maka dari itu salah satu cara mengatasi keadaan ini adalah kita membeli perangkat lama atau second agar kita tetap bisa menjalankan game atau program lainnya.

Dengan kondisi yang seperti ini dan juga dana yang menipis pada akhirnya saya coba beranikan 'mencoba' membeli VGA satu ini untuk keperluan upgrade Graphic card dari integrated gpu intel i5 saya dengan VGA ini supaya 'Agak Mendingan' untuk main Genshin Impact karena dengan iGPU sangat framedrop dan membuat saya pusing jika bermain dengan kondisi seperti itu. 

sumber: techpowerup


Oh iya berikut adalah Spec dari PC saya:


Dan untuk VGA yang saya beli adalah R7 240 2GB DDR5 dari PowerColor dengan harga 1 juta di marketplace, ada pula yang varian 1GB dengan harga sedikit lebih murah.


Pada awalnya saya agak ragu mengingat VGA ini rilisan tahun 2012 (menurut info dari GPU-Z) yang mana terbilang jadul namun dengan berbagai pertimbangan dan rencana awal menjadikan sebagai VGA sementara sembari menabung, namun ternyata setelah mencoba sepertinya tak buruk juga.


Pada penggunaan saya terdapat beberapa poin penting yang bisa saya bagikan:

1. Silent.

Awalnya aku sedikit khawatir apakah VGA ini akan menghasilkan suara atau noise yang keras (karena saya sempat lihat beberapa VGA mencantumkan silent pada spesifikasinya sementara VGA ini tidak) namun ternyata cukup kecil suara yang dihasilkan dan cenderung tak terdengar untuk penggunaan browsing dan game sehari-hari.

2. Masih Kuat Menjalankan Genshin Impact.

Tak saya sangka VGA ini masih cukup kuat menjalankan Game Genshin Impact dengan stabil dengan skenario penggunaan saya ini. Berikut settingan yang saya pakai, saya mengatur setingan FPS di 30 saja untuk mengurangi beban perangkat meski sempat saya coba di 60 FPS masih kuat tapi saya tak mau ambil resiko dulu takutnya ada problem.



Berikut Video testing saya:


3. Ada bebera Kekurangan.

Setelah memasang VGA ini dan saya mencoba menjalankan Genshin Impact saya menemukan masalah pertama saya, yaitu:

1. Game Force Close.

Percobaan saya memainkan genshin pun gagal karena game tidak mau terbuka, lebih tepatnya force close setelah loading awal dan sebelum login page. Setelah saya coba ternyata ada masalah dengan drivernya, pada saat itu saya menginstal driver dari web amd langsung dan dengan veri baru, namun ini sudah berhasil diatasi dengan mengistal driver versi lama di driverscape (rilisan 2015) dan problem pun teratasi dan Game Berjalan lancar.

2. Freeze Screen.

Setelah menjalankan game cukup lama ternyata saya mengalami Problem kedua yaitu Freeze Screen dimana tampilan game berhanti namun suara dari input masih terdengar (attack, jump dll masih terdengar dan masih ada respon suara game), rata rata terjadi setelah memainkan game sekitar 1 jam lebih.

Terkait kasus permasalahan ini saya coba cari solusi untuk permasalahan ini dan akhirnya dapat,

Thanks untuk tech how untuk video penjelasan di YouTube karena akhirnya saya bisa memperbaiki masalah ini (link video), jadi untuk memperbaiki masalah ini adalah:

- Matikan Windows GameBar

Windows GameBar sudah menjadi fitur bawaan di Windows 10 jadi untuk mematikan bisa dilakukan di Setting

matikan Game Bar

- Underclock VGA

Untuk poin ini terimakasih banyak untuk TheSlick atas informasinya, jadi pada dasarnya ini terjadi karena masalah usia vga yang sudah lama, jadi untuk masalah ini kita Underclock Clock Speed dan Memory Clock vga kita dengan mengurangi 100 nilai default, untuk proses ini saya menggunakan MSI afterburner untuk mengunderclock.

komentar di youtube
tampilan GPU-Z

afterburner

Kesimpulan sementara untuk problem ini adalah kita perlu underclock dan matikan Game Bar karena saya mencoba dengan salah satu cara tersebut masih terjadi Freeze Screen dan untuk mengatasi masalah itu memang harus keduanya dilakukan dan sampai saat ini saya main sudah lancar tanpa kendala Freeze lagi.

3. Agak susah Capture Game

Untuk poin ini saya bilang muncul dikarenakan adanya efek troubleshoot dari problem nomor 2 tadi dan ini sifatnya opsional yaitu muncul untuk penggunaan pribadi saya saja, yaitu dikarenakan untuk mengatasi Freeze pada tampilan game kita perlu mematikan Game Bar yang mana untuk Game Bar itu sendiri cukup penting gak penting sih, penting karena kemudahannya melakukan screen recording dan juga screenshoot instant maka dengan absennya Game Bar maka untuk urusan Screen Record dan Screenshoot menjadi agak problematic karena penggunaan fitur ini lebih ke Merekam atau ScreenShoot momen tak terduga yang menarik atau lucu, jadi ini sedikit berbeda dengan yang pada dasarnya berencana untuk screen record keseluruhan gameplay. Setelah beberapa cara saya cari akhirnya menemukan solusi yaitu menggunakan OBS Studio dengan settingan yang sudah saya set hotkey untuk menjalankan rekam layar dan juga screenshot, namun untuk solusi ini saya jadi perlu menjalankan kedua program ini bersamaan (Genshin & OBS) agar bekerja, agak tricky tapi tak apalah.


Jadi pada akhirnya dengan berbagai keadaan yang saya jabarkan diatas, semoga bisa memberikan sedikit pencerahan dan gambaran apakah layak anda membeli VGA satu ini, akhir kata terimakasih sudah membaca sampai akhir.

Post a Comment

0 Comments