Obrolin Dendro dan Kemungkinannya di Genshin Impact

Akhirnya sampai juga kita berada di penghujung versi 2, tepatnya berakhir di 2.8, setelah berpetualang di Pulau Golden Apple, waktunya kita bersiap melanjutkan perjalanan di Region Baru yang akan hadir sebentar lagi.
hoyolab


Region Sumeru, terutama Karakter dan Reaksi Elemental Dendro memang sudah sangat dinanti oleh banyak player sejak lama, dan akhirnya tiba waktunya kita memasuki update versi ke 3 dan bisa menjelajahi Area Baru dan Gameplay yang baru. Apa saja hal yang membuatku kepikiran terkait kedatangan Dendro kali ini?

1. Reaksi Baru


Hal pertama yang terlintas terkait Elemen baru yang akan playable tentu saja reaksinya dengan Elemen lain, karena dari awal rilis sampai saat ini Dendro baru bereaksi dengan Pyro yang mengakibatkan Burning, sempat banyak diskusi dari banyak player terkait reaksi apa yang akan hadir. Pada akhirnya Developer merilis informasi terkait reaksi elemental ini yaitu Catalyze (Dendro x Electro) & Bloom (Dendro x Hydro).

2. Elemental Resonance


Dengan hadirnya playable character Dendro tentu saja ada satu hal yang harus ada di setelan party kita, yaitu Resonansi Elemen tersebut, langsung saja berikut saya kutip dari info update Genshin Impact.

1. Menambahkan efek Resonansi Elemental Dendro "Sprawling Greenery": Elemental Mastery meningkat 50. Setelah memicu reaksi Burning, Quicken, atau Bloom, seluruh anggota party di sekitar akan mendapatkan 30 Elemental Mastery selama 6 detik. Setelah memicu reaksi Aggravate, Spread, Hyperbloom, atau Burgeon, seluruh anggota party di sekitar akan mendapatkan 20 Elemental Mastery selama 6 detik. Durasi dari efek yang disebutkan di atas akan dihitung secara terpisah.

2. Resonansi Elemental Hydro "Soothing Water" disesuaikan menjadi: Waktu terpengaruh Pyro berkurang 40%. Meningkatkan 25% Max HP.

3. Resonansi Elemental Electro "High Voltage" disesuaikan menjadi: Waktu terpengaruh Hydro berkurang 40%. Superconduct, Overloaded, Electro-Charged, Quicken, Aggravate, atau Hyperbloom memiliki 100% kemungkinan menciptakan 1 Electro Elemental Particle (CD: 5 detik).


Setelah melihat resonansi untuk Dendro ini lebih ke arah Buffing Elemental Mastery, yang secara tidak langsung akan memberikan buff kepada beberapa karakter yang mengambil keuntungan dari Scaling EM, seperti damage Sesshou Sakura dari Yae Miko berkat pasif Enlightened Blessing, peningkatan Heal dan Damage Elemental Skill Kuki Shinobu berkat pasif Heart's Repose. 
Ada pula update untuk Resonasi Elemen Hydro yang mana kali ini akan meningkatkan 25% Max HP, tentu dengan adanya resonansi baru ini serta beberapa karakter sebelumnya sudah semakin banyak yang mengambil Scaling Dari HP tentunya akan memberikan benefit pada karakter tersebut, seperti peningkatan Damage, Shielding, searta Healing.

3. Goblet Semakin Susah dicari?


Jujur saja ini sempat menjadi beban pikiran sejak lama mengingat sulitnya mencari MainStats dan SubStat untuk Goblet terutama untuk set tertentu, mengingat adanya kemungkinan mendapat stats seperti HP,DEF,ATK, serta ada 6 Elemental Damage Bonus (7 jika ditambah Dendro), Physical Damage, dan juga EM yang mana tentu akan sangat menyita waktu dan biaya untuk mendapatkan stats yang sesuai.
Tapi tenang, developer dalam update notes nya memberikan informasi berikut yang tentu sangat memberikan angin segar dalam perbuildan karakter: 

Menambahkan stats "Dendro DMG Bonus" ke stats utama Artefak Goblet of Eonothem (Karena penambahan jenis stats pada Goblet of Eonothem ini, maka persentase mendapatkan stas utama DEF, HP, dan ATK akan dikurangi, sedangkan persentase mendapatkan stats utama lainnya tidak berubah.)

Dengan informasi tersebut bisa dibayangkan nantinya kita akan memiliki kesempatan lebih banyak mendapat stats Elemental Damage Bonus dibandingkan ATK,DEF, dan HP.

4. Adanya Perubahan META?


Genshin Impact sebagai Game RPG yang walaupun cenderung Santai atau Casual tidak lepas dari konten End Game yang memberikan tantangan pada pemain dan dalam game ini ada pada Spiral Abyss, dimana kita harus menyelesaikan tantangan di 12 Lantai dalam waktu secepat mungkin agar dapat memperoleh Full Star. Tanggapan saya mengenai spiral abyss pasti tentunya pasti akan tetap ada perubahan atau mungkin lebih ke penyesuaian Meta.  Dimana dengan adanya tambahan variasi baik Reaction dan Enemy pastilah akan ada banyak variasi dari team comp atau build yang bisa dicoba untuk menyelesaikan konten ini. 

Lalu bagaimana dengan casual play? atau yang lebih senang dengan eksplorasi di open world, menurutku sih tak akan ada masalah berarti mengingat dari segi tantangan level musuh di open world tak sesulit musuh di Spiral Abyss dan tak ada tantangan waktu juga disini pasti melakukan explorasi tetap akan menyenangkan terlepas dari kerumitan puzzle yang nanti ada. Jadi kesimpulanku saat ini terkait Meta, pasti akan ada banyak variasi dari team comp mengingat adanya reaksi baru, resonance baru, dan artefak baru yang pastinya akan memberikan banyak opsi tambahan pada kita dalam membuat komposisi tim untuk eksplorasi maupun spiral abyss. Ditambah dengan adanya resonansi baru dari Dendro serta pembaruan resonansi Hydro pasti akan memberikan manfaat juga pada karakter yang sudah ada, jadi pasti akan menambah keseruan dalam membangun komposisi tim.

5. Pembaruan Standard Banner


Dengan hadirnya Dendro Element pasti akan hadir juga Dendro Character yang pastinya akan ada 5 Star Dendro Character, dan ini adalah waktu yang tepat untuk mengupdate Standard Banner Wish. Berdasarkan Livestream Genshin Impact 3.0 dev sudah menyebutkan untuk slot karakter dendro di standard banner ini akan diisi oleh Tighnari, dimana dia akan rate up di 3.0 tetapi akan masuk standard banner setelah 3.0, itu artinya saat ini standard wish menyisakan 1 slot yaitu Geo Character yang kita masih belum tahu kapan akan ditambahkan. 


Bagiku itu saja sih poin yang terlintas soal update ini terutama berkaitan dengan elemen dan reaksi baru ini, bagaimanapun keadaan didalam Game ini nantinya mari kita nantikan saja versi barunya, pasti akan ada banyak keseruan disana! 😁


Post a Comment

0 Comments