Mengatasi postingan hanya tampil beberapa di blogspot




Salah satu problem yang kerap di temui pengguna blogger / blogspot yaitu suatu kondisi dimana di halaman awal / homepage blog kita hanya menampilkan beberapa postingan saja (entah 1 postingan atau 2 postingan) meskipun sudah mengatur pengaturan jumlah artikel yang ditampilkan per halaman.Dan tentu saja saya pun akhirnya mengalami juga kondisi seperti demikian yang mengakibatkan muncul kepanikan dan kebingungan terkait kondisi yang seperti ini 😁.

Saat kejadian itu saya pun awalnya mencari di dokumentasi template (karena saya pernah ganti ganti template), cek kodingan template barang kali ada type / error, ternyata belum ketemu juga.

Nah setelah itu mulailah berselancar ria di dunia maya, coba cari sana sini akhirnya menemukan juga solusinya.

Jadi menurut hasil yang saya dapat ada 2 sumber permasalahan yang bisa terjadi.

1. Copy paste dari ms word.

Seperti yang kita tau dalam teks yang di ketik di ms. word terdapat banyak fungsi formating yang bisa saja mengganggu fungsi dari blogger. Jadi bagi agan agan yang menulis di word dan ingin di pindah ke blogger harus di paste ke text editor biasa seperti notepad agar pemformatan teks hilang dan bisa aman untuk di paste di blog.

Untuk case nomor satu ini saya skip karena saya tidak menggunakan metode copas dari word.

2. Gambar terlalu banyak / terlalu besar.

Didalam postingan blog tidak jarang kita menambahkan lampiran gambar pada postingan, baik itu untuk ilustrasi, petunjuk dan sebagainya dan menyebabkan problem ini muncul. 
Dan saya ingat ada postingan yang memuat banyak lampiran gambar, jadi untuk mengatasi masalah ini digunakan metode "jump break". 

menambahkan jump break

Untuk menambahkan jump break, kita arahkan pointer ke akhir paragraf pertama, lalu klik ikon jump break atau batas postingan.

setelah penambahan page break

Setelah itu akan muncul garis batas dibawah paragraf.

Namun selain menggunakan jump break ada baiknya kita meminimalkan atau memperkecil gambar kita agar lebih ringan saat dimuat.


Jadi untuk case ini yang menjadi sumber permasalahan di blog saya adalah terdapat postingan yang memuat banyak gambar, jadi setelah menggunakan jump break dan saya update artikel tersebut dan saya cek di homepage akhirnya tampilan pun sudah kembali normal seperti yang seharusnya.
Duh jadi curhat pengalaman nih 😂

note: Untuk tambahan, saya sempat membaca di artikel luar namun lupa untuk url nya, jadi menurut info yang sekilas saya baca: saat memuat halaman blog nanti akan ada semacam batas memory dan jika ada postingan yang memuat banyak gambar maka akan memakan memory tersebut dan akhirnya hanya ditampilkan beberapa postingan saja di homepage, mohon koreksinya ya gan, jika ada yang tau lebih tepatnya bagaimana.

Post a Comment

0 Comments